Archive for the 'ayam' Category

soto ayam

cerita dari dapur:

resep soto ini adalah resep kombinasi antara petunjuk dari ibu saya, hasil browsing di internet, serta ketersediaan bumbu di rumah. selamat mencoba :mrgreen:

bahan:

2 paha ayam (whole legs yang besar-besar)
2 batang serai (memarkan)
4 lembar daun jeruk
1 liter air
garam
minyak untuk menumis

bahan yang dihaluskan:

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 cm kunyit
1 cm lengkuas
1 cm jahe
2 sdt merica

bahan pelengkap:

soun (saya gak pake hehe)
irisan daun bawang
irisan kol rebus
irisan tomat
telur rebus (lagi gak ada waktu itu :mrgreen: )
bawang goreng
jeruk nipis
sambal

cara membuat:

* rebus ayam dengan garam hingga lunak, angkat dan tiriskan (air rebusan dipakai untuk kaldu)
* goreng ayam hingga kekuningan lalu suwir – suwir, masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah kaldu.
* panaskan  minyak, lalu tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, jahe, dan daun jeruk hingga harum dan matang.
* masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu ayam lalu didihkan di atas api kecil selama 15-20 menit

cara penyajian:

taruh daging ayam beserta seluruh bahan pelengkap ke dalam mangkuk (kecuali bawang goreng dan jeruk nipis). siram dengan kuah dan taburi dengan bawang goreng dan perasan jeruk nipis.

Mie Ayam

cerita dari dapur:

lagi pengen mi ayaaaaammm.. dan entah kenapa yang ada di kepala saya pengennya mi ayam ala kantin SMA 70. mi-nya cenderung asin dan ayamnya gak dibumbu hitam kaya abang-abang mi ayam yang pake gerobak. akhirnya ngarang sendiri deh bumbunya. enak juga ternyata :mrgreen:

bahan:

500 g mi
1 sendok makan kecap asin
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan bubuk bawang putih

bahan taburan:

2 sendok makan minyak goreng
2 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 cm jahe, dicincang halus
1 batang daun bawang, diiris tipis
200 g daging ayam, potong dadu
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
air secukupnya
merica secukupnya
garam secukupnya

bahan kuah:

2 siung bawang putih dicincang halus
1 liter kaldu ayam
2 sdm daun bawang iris
merica secukupnya
garam secukupnya

bahan pelengkap:

bawang goreng
irisan daun bawang
sawi hijau diiris dan direbus
kerupuk pangsit goreng

cara membuat:

*  rebus mi sampai lunak, tiriskan
*  campur kecap, bubuk bawang putih, dan minyak goreng. masukkan mi dan aduk hingga rata. sisihkan.

taburan:

* tumis bawang putih, jahe, dan daun bawang hingga layu.
*  masukkan daging ayam, lalu aduk hingga kaku.
* tambahkan bahan dan bumbu lainnya.lalu aduk hingga kuah dan bumbu meresap dan ayam cukup lunah.

kuah:

* tumis bawang putih hingga harum
* masukkan air kaldu
* rebus semua bahan dan bumbu hingga mendidih.

cara penyajian:

* tata mi dalam mangkuk, lengkapi dengan taburan dan pelengkapnya.
* sajikan bersama kuah/sajikan kuah di tempat terpisah.

steak ayam siap sekejap

cerita dari dapur:

waktu itu saya beli ayam di supermarket dengan niat untuk dibikin ayam goreng mentega.. nah pas sampe di rumah, barulah saya sadar kalo saya belinya bukan paha ayam melainkan fillet ayam (pantesan mahal booo).. ya udah daripada mumet ya dibikin gampang aja, ya nggak.. dengan bumbu2 ngasal dan seadanya ternyata jadinya lumayan enak (harus enak, soalnya klo ga enak rugi, udah beli mahal-mahal hihihi)

bahan:

* fillet ayam 500 gram
* kecap inggris/worchestershire sauce
* pasta/saus tomat
* merica/bubuk lada hitam
* jeruk nipis/sari citroen botolan
* garam secukupnya

cara membuat:

sebelumnya, marilah kita berterimakasih pada pembuat fillet ayam sehingga kita gak perlu motong2 lagi hehehe

* rendam potongan fillet dengan pasta/saus tomat, kecap inggris/worchestershire sauce, jeruk nipis/sari citroen botolan, dan bubuhi dengan garam dan merica/bubuk lada hitam sesuai selera
* diamkan selama 15-30 menit
* panggang atau grill di atas panggangan (kalo punya), sambil dibolak-balik sampe matang merata. kalo saya, karena blm punya panggangan, pake pan teflon yang dioles minyak sedikiiit aja
* jadi deh.. dihidangkan pake sayuran rebus dan kentang goreng, nyam nyam nyam :mrgreen:

Ayam Cabe Hijau

cerita dari dapur:

lagi mau “ngabisin” stok ayam di kulkas, sisa kemarin bikin ayam cola. pikir-pikir, bikin apa ya yang walaupun bahannya ayam, tapi rasanya jauh beda sama ayam cola kemarin (dan tetep harus gampang pastinya).

akhirnya, jadilah ayam cabe hijau sederhana ala saya. kenapa sederhana? karena saya mengesampingkan kemiri, daun jeruk, dan beberapa bumbu lain standar ayam cabe hijau. bukan apa-apa, emang gak punya bumbunya hihihi..

bahan:

* 2 potong paha ayam (whole legs), potong masing-masing jadi 3 bagian
* jeruk lemon/jeruk nipis 1-2 buah
* cabai hijau 7 butir
* cabai rawit 5 butir
* bawang bombay 1 butir
* bawang putih 3 siung
* minyak untuk menumis
* garam, merica, dan sedikit kaldu bubuk

cara membuat:

* rendam potongan ayam dalam perasan jeruk lemon/jeruk nipis, lumuri dengan garam dan merica, sisihkan (kira-kira 30 menit)
* iris-iris cabai dan bawang tipis2 (biar gampang untuk dihaluskan)..
* tumis cabai dan bawang sampai layu, kemudian tiriskan dan haluskan
* goreng ayam dalam minyak yang cukup banyak sampai berwarna kekuningan
* setelah matang, angkat dan tiriskan
* tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan, sebentar saja. kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng dan aduk sampai bumbu meresap (boleh ditambahkan sedikit air)
* setelah bumbu dirasakan sudah cukup meresap, angkat, dan sajikan.

Ayam Cola

cerita dari dapur:

kemarin-kemarin lagi pengeeenn banget makan ayam cola jaman kuliah dulu di Bandung, trus browsing sana sini dan di modif sedikit-sedikit, akhirnya jadi ayam cola ala saya! :mrgreen:

bahan:

1 kg paha ayam (whole legs), potong masing-masing jadi 3 bagian
4 buah wortel, dipotong serong tipis-tipis
1 buah jeruk nipis/100 ml cuka apel *saya pake cuka apel*
1 buah bawang bombay, potong-potong
4 siung bawang putih, rajang halus
4 buah cabai merah, dipotong serong tipis-tipis
1 batang daun bawang, potong lebar
7 sdm pasta tomat
5 sdm saus tomat
3 sdm saos worcestershire (saos inggirs)
1 kaleng coca cola
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Margarine

cara membuat:

* Siapkan ayam dan perasi dengan jeruk nipis/lumuri dengan cuka apel, taburi sedikit garam dan merica.
* Diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian goreng sampai kekuningan.
* Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarin sampai agak layu.
* Masukkan irisan cabe, tumis kembali sampai layu.
* Masukkan irisan wortel, lalu tuangkan kecap inggris, pasta tomat, dan saus tomat.
* Aduk-aduk sebentar, kemudian masukan coca cola
* Bubuhkan garam dan merica secukupnya
* Masukkan ayam, campur hingga bumbu meresap dengan ayam dan wortel sudah cukup matang
* Taburi dengan daun bawang sampai agak layu
* Siap disajikan!

*

ps: kalo mau rajin, ayam-nya digoreng pake tepung.. dijamin rasanya lebih gurindang deh :mrgreen:


kalender

July 2015
M T W T F S S
« Feb    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

mau masak apa?

RSS ada cerita apa hari ini?

  • Menyapih Bita: I weaned you because I love you…. June 11, 2015
    Saya termasuk orang yang santai banget dalam urusan ASI. Ketika ASI belum juga keluar setelah Raya berusia 3 hari, tidak terbersit sedikit pun kekhawatiran pada diri saya. Padahal, banyak keluarga terdekat yang sejak awal sangsi akan kemampuan saya memberi ASI. Maklum, ukuran pabriknya di bawah rata-rata wkwkwk :P Lalu ketika akhirnya suami panik dan mencoba […]
  • Menjadi “Marbot” di Sevilla: Berkah Menerima Tamu :) April 20, 2015
    Bahwa selama 1,5 tahun ini kami menerima tamu lebih sering daripada 5 tahun di Swedia, bisa jadi benar adanya. Mungkin karena di Göteborg, kami cenderung harus “rebutan” dan berbagi untuk bisa disinggahi tamu :) Ada cukup banyak warga Indonesia di Göteborg, mulai dari warga yang menetap hingga mahasiswa yang kuliah. Sementara di Sevilla, warga Indonesia bisa […]
  • Tips dan Trik untuk Menyikat Gigi Anak March 26, 2015
    Menyikat gigi balita memang susah-susah gampang… Sebenarnya sejak awal baik Raya (hampir 4 tahun) maupun Bita (2 tahun) antusias untuk menyikat giginya. Asal… kendali sepenuhnya mereka yang pegang. Nah, masalahnya kan bersih atau enggak? Akhirnya saya sempat menerapkan beberapa trik untuk Raya ketika dia mulai keukeuh hanya mau menyikat giginya sendiri tanpa […]
  • Alcazar, Si Cantik Peninggalan Bangsa Moor March 22, 2015
    *) Sevilla adalah kota yang paling indah di Spanyol. Orang Spanyol sendiri seringkali mengibaratkannya dengan wanita yang elegan dan cantik. Selain itu, kota ini adalah salah satu kota yang dibangun pertama kali oleh bangsa Romawi. Jangan lupa, Islam pun pernah berjaya di tanah ini selama 4 abad lamanya. Tak pelak lagi, semua itu menggoreskan sejarah…
  • Melihat Jakarta di Gothenburg February 24, 2015
    *) Kaki saya akhirnya menapak kembali di negara Swedia. Tak terasa, ternyata sudah setahun saya meninggalkan Gotheburg. Tempat yang pernah menjadi rumah bagi saya selama lima tahun lamanya. Gothenburg, atau dalam penulisan aslinya Göteborg, merupakan kota kedua terbesar di Swedia, setelah ibukota Stockholm. Letak geografisnya berada di tepi pantai barat Swed […]

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.