sambal goreng hati dan kentang

cerita dari dapur:

iyaaa… setelah 4 bulan disini, akhirnya saya nemu hati ayam halal di supermarket.. saking berharganya, jadi wajib diolah seenak mungkin hehehehehe.

awalnya suami saya gak begitu tertarik ngeliatin saya bikin sambal goreng hati ini (wajah tidak bisa berbohong, sayangku!). eh, pas giliran makan, dia bikin pengakuan kalo dia sebenernya gak terlalu suka sama sambal goreng hati, TAPI.. begitu makan bikinan saya, sampe sumpah2 kalo rasanya enak banget. mudah2an gak gombal huahahaha :mrgreen:

bahan:

250 gr hati ayam.
2 buah kentang berukuran besar, potong dadu, goreng, dan sisihkan
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas
1 cm jahe
1 batang sereh, digeprek
200 ml santan kental

bahan yang dihaluskan:

5 buah cabe merah besar
3 buah cabe merah keriting
1 buah tomat, cincang kasar
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah besar
1 ruas jahe, cincang halus

cara membuat:

* rebus hati ayam bersama jahe dan daun jeruk, setelah matang ditiriskan lalu dipotong dadu.
* tumis bumbu halus bersama sereh dan daun jeruk hingga harum.
* masukkan hati ayam lalu aduk hingga tercampur
* masukkan santan dan masak hingga mengental.
* terakhir, masukkan kentang lalu aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan meresap.

dimakan bersama sepiring nasi putih mengepul, mantaaaapp :mrgreen:

soto ayam

cerita dari dapur:

resep soto ini adalah resep kombinasi antara petunjuk dari ibu saya, hasil browsing di internet, serta ketersediaan bumbu di rumah. selamat mencoba :mrgreen:

bahan:

2 paha ayam (whole legs yang besar-besar)
2 batang serai (memarkan)
4 lembar daun jeruk
1 liter air
garam
minyak untuk menumis

bahan yang dihaluskan:

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 cm kunyit
1 cm lengkuas
1 cm jahe
2 sdt merica

bahan pelengkap:

soun (saya gak pake hehe)
irisan daun bawang
irisan kol rebus
irisan tomat
telur rebus (lagi gak ada waktu itu :mrgreen: )
bawang goreng
jeruk nipis
sambal

cara membuat:

* rebus ayam dengan garam hingga lunak, angkat dan tiriskan (air rebusan dipakai untuk kaldu)
* goreng ayam hingga kekuningan lalu suwir – suwir, masukkan kembali tulang ayam ke dalam kuah kaldu.
* panaskan  minyak, lalu tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, jahe, dan daun jeruk hingga harum dan matang.
* masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu ayam lalu didihkan di atas api kecil selama 15-20 menit

cara penyajian:

taruh daging ayam beserta seluruh bahan pelengkap ke dalam mangkuk (kecuali bawang goreng dan jeruk nipis). siram dengan kuah dan taburi dengan bawang goreng dan perasan jeruk nipis.

Mie Ayam

cerita dari dapur:

lagi pengen mi ayaaaaammm.. dan entah kenapa yang ada di kepala saya pengennya mi ayam ala kantin SMA 70. mi-nya cenderung asin dan ayamnya gak dibumbu hitam kaya abang-abang mi ayam yang pake gerobak. akhirnya ngarang sendiri deh bumbunya. enak juga ternyata :mrgreen:

bahan:

500 g mi
1 sendok makan kecap asin
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok makan bubuk bawang putih

bahan taburan:

2 sendok makan minyak goreng
2 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 cm jahe, dicincang halus
1 batang daun bawang, diiris tipis
200 g daging ayam, potong dadu
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
air secukupnya
merica secukupnya
garam secukupnya

bahan kuah:

2 siung bawang putih dicincang halus
1 liter kaldu ayam
2 sdm daun bawang iris
merica secukupnya
garam secukupnya

bahan pelengkap:

bawang goreng
irisan daun bawang
sawi hijau diiris dan direbus
kerupuk pangsit goreng

cara membuat:

*  rebus mi sampai lunak, tiriskan
*  campur kecap, bubuk bawang putih, dan minyak goreng. masukkan mi dan aduk hingga rata. sisihkan.

taburan:

* tumis bawang putih, jahe, dan daun bawang hingga layu.
*  masukkan daging ayam, lalu aduk hingga kaku.
* tambahkan bahan dan bumbu lainnya.lalu aduk hingga kuah dan bumbu meresap dan ayam cukup lunah.

kuah:

* tumis bawang putih hingga harum
* masukkan air kaldu
* rebus semua bahan dan bumbu hingga mendidih.

cara penyajian:

* tata mi dalam mangkuk, lengkapi dengan taburan dan pelengkapnya.
* sajikan bersama kuah/sajikan kuah di tempat terpisah.

Sirloin Steak Saus Mayonaise

cerita dari dapur:

suami saya yang baik hati, suatu hari beliin daging sapi halal di toko arab dalam jumlah yang.. ehm, kebanyakan hehe.. untungnya pas saya lagi pengen banget makan steak, jadilah sisa daging setelah dibuat sop dll saya jadikan steak. anyhoo, resep sausnya ini asli hasil karangan saya lho.. kalo menurut saya sih… hmmmmm… uenak banget :mrgreen:

bahan steak:

* daging 500 gr
* kecap inggris/worchestershire sauce 5 sdm
* minyak goreng secukupnya
* garam secukupnya
* merica secukupnya

bahan saus:

* 1 siung bawang bombay ukuran sedang
* 2 siung bawang putih
* 3 sendok makan mentega
* 1 sendok makan terigu
* 1 sendok makan pasta tomat
* 2 sendok makan mayonaise
* 3 sendok makan air
* garam secukupnya
* merica secukupnya

cara membuat steak:

* potong daging menjadi 4 bagian. lumuri seluruh bumbu dan diamkan selama minimal 15 menit
* panggang dalam oven dengan panas 150 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit (atau sesuai selera tingkat kematangan)
* panaskan wajan, olesi sedikit minyak/mentega, kemudian goreng steak yang telah dipanggang. gak usah terlalu lama, cukup sampe bagian luarnya keliatan kecoklatan
* sisihkan

cara membuat saus:

* tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega di wajan bekas menggoreng steak
* masukkan pasta tomat dan mayonaise sambil terus diaduk (karena kalo gak diaduk, mayonaisnya gak nyampur)
* masukkan air lalu kentalkan dengan terigu dan bubuhi kaldu blok, garam, dan merica

cara penyajian:

* atur potongan daging lalu siramkan saus di atasnya. lengkapi dengan kentang goreng/mashed potato dan sayuran rebus.
* selamat makaaaaannn :mrgreen:

Sup Tomat

Beef Yakiniku

Daging Bumbu Kecap

cerita dari dapur:

lagi kangen masakan indonesia (dan mau jajal kecap manis abc yang baru dibeli disini, hihi) jadilah saya bikin daging bumbu kecap.. gampang,, dan pastinya pedas dong..

bahan:

* 500 gr daging sapi
* 4 sdm kecap manis
* 2 siung bawang merah (pake bawang bombay juga sip-sip aja)
* 1 sdm cabai giling/sambal oelek
* 1 buah tomat dicincang halus
* 5 buah cabai merah, diiris serong tipis
* garam secukupnya
* merica secukupnya
* air secukupnya
* minyak goreng untuk menumis

cara membuat:

* Potong2 daging tipis-tipis
* Tumis bawang sampai harum, masukkan irisan tomat, irisan cabai, lalu masukkan cabai giling/sambal oelek dan aduk sampai merata, taburi garam dan merica
* Masukkan daging, aduk sampai keluar airnya
* Masukkan air dan kecap sedikit2, sambil terus diungkep. Ulangi terus sampai daging empuk
* Aduk terus sampai bumbu meresap dan mengeluarkan minyak
* Sajikan panas-panas dengan nasi putih yang mengepul, hmmm


kalender

September 2014
M T W T F S S
« Feb    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

mau masak apa?

RSS ada cerita apa hari ini?

  • Berliku Jalan Menuju Kampung Halaman: Tips Bepergian Menggunakan Pesawat Jarak Jauh dengan 2 Balita August 28, 2014
    Prolog: Sevilla – Madrid: 13.30-14.45 masih diantar suami Madrid – Roma: 17.50-20.20 : transit 1 jam 25 menit Roma – Abu Dhabi: 21.45 – 03.00 (waktu setempat 05.00) : transit 5 jam Abu… Continue reading →
  • Book Review: Bulan Terbelah di Langit Amerika* July 14, 2014
    Alhamdulillaah.. suatu kehormatan bagi saya, kami sekeluarga, dimampiri mbak Hanum dan mas Rangga dalam kunjungan singkatnya ke Sevilla bulan Juni lalu. Makin senang lagi karena mbak Hanum menghadiahi saya buku terbarunya, “Bulan Terbelah di Langit… Continue reading →
  • The Story of Raya’s Toilet Training April 21, 2014
    Wow, ternyata sudah lama sekali saya nggak  nulis tentang anak-anak ya… Gilirannya Raya lagi nih sekarang… Apa kabarnya? Alhamdulillah, sebentar lagi umur Raya 3 tahun. Sudah semakin lancar dan terstruktur bicaranya… Bahasa Inggris,… Continue reading →
  • Ikut Meramaikan Pesta Demokrasi Pemilu 2014 dari Sevilla, Spanyol! March 31, 2014
    Alhamdulillah, surat suara milik kami untuk Pemilu 2014 ini sudah kami terima dengan selamat di…. dalam kotak pos! Lho, kok di dalam kotak pos? Ya, memang begitulah salah satu cara bagi WNI yang… Continue reading →
  • Cooking Hacks 2: I love recycling! February 20, 2014
    Helloo.. it’s been a while setelah posting pertama saya tentang seluk-beluk berlaku curang terhadap masakan :wink: It’s time to continue the journey then! Pernah nggak merasa boseeenn sama makanan, sementara sisanya masih banyak… Continue reading →

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.